RSS

PERAN, SEJARAH, DAN TUJUAN AKUNTANSI MANAJEMEN

Sejarah Singkat Akuntansi Manajemen

1880 - 1925    Kebanyakan prosedur perhitungan HPP dan akuntansi manajemen yang digunakan pada abad ke-20 dikembangkan pada masa ini
1925                Menekankan pada perhitungan penetapan HPP pada tingkat manajerial
1950s/60s       Beberapa usaha untuk meningkatkan kegunaan manajerial dari sistem biaya konvensional
1980s/90s       Praktik-praktik akuntansi manajemen tradisional sudah tidak mampu lagi  melayani kebutuhan manajerial. Pada masa ini mulai dikembangkan sistem akuntansi manajemen baru yang dapat memenuhi kebutuhan lingkungan ekonomi dewasa ini.

Tujuan Sistem Informasi Akuntansi Manajemen:
  1. Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan manajemen
  2. Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaa, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkesinambungan
  3. Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan
Proses Manajemen:
  1. Perencanaan, yaitu formulasi terperinci untuk mencapai suatu tujuan tertentu
  2. Pengendalian, yaitu aktivitas untuk memonitoring pelaksanaan perencanaan dan melakukan tindakan koreksi sesuai dengan kebutuhan
  3. Pengambilan keputusan, yaitu proses pemilihan di antara berbagai alternatif kebijakan yang ada 
Akuntansi manajemen berbeda dengan akuntansi keuangan.
Tema baru dalam akuntansi manajemen antara lain:
  1. Manajemen berdasarkan aktivitas 
  2. Orientasi pada pelanggan
  3. Perspektif lintas fungsional 
  4. Manajemen kualitas total (TQM)

Akuntansi Manajemen dan Perilaku Etis

  1.  Kejujuran 
  2. Integritas
  3. Pemenuhan janji
  4. Kesetiaan
  5. Keadilan
  6. Kepedulian
  7. Penghargaan terhadap orang lain
  8. Warga Negara yang baik
  9. Pencapaian kesempurnaan
  10. Akuntabilitas

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS