RSS

SISTEM PERDAGANGAN ELEKTRONIK (BAG. 1)

TEKNOLOGI INTERNET

Internet adalah jaringan besar yang terdiri dari lebih dari 100.000 jaringan interkoneksi yang terletak di seluruh dunia. Faktor-faktor yang menyebabkan internet berubah menjadi jalan raya informasi sedunia adalah:
  • Pada 1995, berbagai perusahaan telekomunikasi nasional mengambil alih kendali berbagai elemen tulang punggung internet dan terus meningkatkan infrastrukturnya,
  • Layanan online memungkinkan para pengguna dari berbagai layanan yang berbeda berkomunikasi satu sama lain, dan
  • Perkembangan penjelajah web berbasis grafis membuat akses ke internet menjadi pekerjaan yang mudah

a.    Pertukaran Paket

Internet menggunakan berbagai teknologi komunikasi yang didasarkan pada pertukaran paket (packet switching). Tiap paket dari pesan yang sama dapat mengambil rute yang berbeda ke tujuannya. Tiap paket berisi alamat dank ode yang berurutan hingga semua paket tersebut dapat dirakit kembali menjadi pesan asli yang lengkap pada titik penerimanya. Pilihan jalur transmisi ditentukan berdasarkan criteria yang dapat mencapai penggunaan optimal saluran jarak jauh, termasuk tingkat kepadatan penggunaan saluran tersebut, jalur terpendek antartitik akhir, dan status saluran jalur terkait (yaitu, apakah bekerja, gagal atau mengalami kesalahan). Pertukaran jaringan menyediakan koneksi fisik untuk berbagai paket yang ditangani hanya selama durasi pesan tersebut kemudian saluran tersebut akan tersedia bagi pengguna lain.

b.    Virtual Private Network

Jaringan privat virtual (virtual private network-VPN) adalah jaringan privat dalam jaringan publik. Selama bertahun-tahun,berbagai perusahaan kurir membangun VPN yang dari perspektif klien adalah jaringan privat, akan tetapi sebenarnya secara fisik berbagai bagian backbone dengan para pengguna lainnya.

c.    Ekstranet

    Ekstranet adalah jaringan yang dikendalikan dengan kata sandi bagi para pengguna privatnya bukan untuk masyarakat umum. Ekstranet digunakan untuk memberikan akses antarbasis data internal para mitra usaha.

d.    World Wide Web

    World Wide Web (Web) adalah fasilitas internet yang menghubungkan berbagai situs pengguna secara local dan sedunia. Web adalah dokumen teks yang disebut sebagai halaman web yang memiliki berbagai kode HTML melekat untuk memberikan format halaman serta link hiperteks ke halaman-halaman lainnya. Kode-kode HTML adalah karakter alfanumerik sederhana yang dapat diketik dengan editor teks atau pengolah kata.
    Halaman web disimpan dalam situs web yang merupakan server computer yang mendukung HTTP yang diakses dan dibaca melalui penjelajah web. Mengakses situs web akan membutuhkan alamat URL (Uniform Resource Locator) dari situs tersebut.

e.    Alamat Internet

    Internet menggunakan tiga jenis alamat untuk komunikasi:
1)    Alamat e-mail
    Format untuk alamat e-mail adalah NAMA PENGGUNA@NAMA DOMAIN. Nama domain adalah nama unik lembaga yang digabungkan dengan nama top-level domain (TLD). Berikut ini adalah nama-nama TLD:
.com    komersial
.net    penyedia jaringan
.org    organisasi nirlaba
.edu    pendidikan dan penelitian
.gov    pemerintah
.mil    lembaga militer
.int    antarpemerintah internasional
    Di luar AS, berbagai LTD terdiri atas kode negara, seperti .uk untuk Inggris dan .es untuk Spanyol. Kategori yang disebut sebagai generic top-level domain meliputi hal berikut ini:
.firm    perusahaan
.store    barang dijual
.web    aktivitas WWW
.arts    budaya atau hiburan
.rec    rekreasi atau hiburan
.info    layanan informasi
.nom    individu atau pribadi
2)    Alamat URL situs web
    Yaitu alamat yang menetapkan jalur ke sebuah tempat atau file dalam web. Format umum untuk sebuah URL adalah prefix protocol, nama domain, nama subdirektori, dan nama dokumen. Tidak selalu dibutuhkan seluruh rangkaian URL.
    Subdirektori dapat terdiri dari beberapa tingkat. Untuk menyebutkan salah satunya harus dipisah dengan garis miring. Contoh:
http://www.flyfish.com/equipment/rods/brand_name.html
http://            prefix protocol (kebanyakan penjelajah akan                     otomatis mengarah ke http jika prefix tidak diketik)
www.flyfish.com    nama domain
equipment/        nama subdirektori
rods/            nama subdirektori
brand_name.html    nama dokumen (halaman web)
3)    Alamat tiap computer yang dikoneksikan ke jaringan (alamat IP)
    Setiap node dan host computer yang terkoneksi dengan internet harus memiliki alamat protocol internet yang unik. Agar sebuah pesan dapat dikirim, alamat-alamat IP dari node pengirim dan penerima harus diberikan. Format umumnya adalah empat rangkai nomor yang dipisahkan dengan tanda titik. Dekomposisi kode tersebut ke dalam berbagai bagian komponennya berbeda-beda, bergantung pada kelas yang ditetapkan untuknya. Skema pengodean kelas A, kelas B, kelas C, digunakan untuk jaringan besar, sedang, dan kecil. Sebagai gambaran dari teknik pengodean tersebut, alamat IP 128.180.94.109 akan diartikan sebagai berikut:
128.180    Lehigh University
94        server fakultas jurusan bisnis
109        komputer kantor (node) salah satu pengajar

PROTOKOL

Protocol adalah berbagai aturan dan standar yang mengatur design peranti keras dan peranti lunak yang memungkinkan para pengguna jaringan yang dibuat oleh beberapa vendor yang berbeda berkomunikasi dan berbagai data.
    Berbagai protocol diplomatic menetapkan aturan yang digunakan  perwakilan dari berbagai negara untuk berkomunikasi serta bekerja sama dalam fungsi sosial dan resminya. Berbagai aturan formal ini ditujukan untuk menghindari berbagai masalah internasional yang dapat timbul melalui kesalahpahaman berbagai sinyal yang ambigu dan yang melintasi antarnegara dengan budaya serta kovensi yang jauh berbeda dalam perilaku.
    Jaringan komunikasi adalah komunitas pengguna computer yang juga harus membuat dan memelihara berbagai saluran komunikasi yang ambigu. Biasanya, para pengguna jaringan menggunakan peranti keras dan peranti lunak yang dihasilkan oleh berbagai produsen. Agar dapat meneruskan pesan secara efektif dari satu alat kea lat lainnya dalam lingkungan multivendor dibutuhkan aturan atau protocol dasar.

a.    Fungsi yang Dilakukan Protokol

  • Protocol memfasilitasi koneksi fisik antarberbagai alat jaringan
  • Melalui protocol berbagai peralatan dapat mengidentifikasikan  dirinya ke peralatan lainnya sebagai entitas jaringan yang sah hingga dapat melakukan sesi komunikasi
  • Protocol menyinkronkan transfer data antarberbagai alat fisik
  • Hal ini melibatkan penetapan aturan-aturan untuk mengawali pesan, menentukan tingkat transfer data antarperalatan, dan menyatakan penerimaan pesan
  • Protocol memberikan dasar untuk pemeriksaan kesalahan dan pengukuran kinerja
  • Hal ini dilakukan melalui perbandingan berbagai hasil yang diukur dengan perkiraannya. Identifikasi dan perbaikan kesalahan bergantung pada standar protocol yang menetapkan kinerja yang dapat diterima
  • Protocol mendukung adanya kesesuaian antarberbagai alat jaringan
  • Agar dapat mentansmisi dan menerima data dengan baik, alat yang terlibat dalam sesi tertentu harus sesuai dengan model operasi yang dapat diterima. Tanpa protocol untuk menyediakan kesesuaian ini, pesan yang dikirim antarperalatan akan terdistorsi dan kacau
  • Protocol mendorong design jaringan yang fleksibel, dapat diperluas, dan efektif dari segi biaya
    Para pengguna bebas untuk mengubah dan meningkatkan system mereka dengan memilih berbagai penawaran terbaik oleh bermacam vendor.

b.    Pendekatan Berlapis untuk Protokol Jaringan

    Komunitas komunikasi data, melalui International Standar Organization System Interface (OSI). Model ini memberikan standar yang memungkinkan berbagai produk dari produsen-produsen yang berbeda dapat melakukan antarmuka dengan produk lainnya melalui interkoneksi yang tidak tampak di tingkat pengguna.

 




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar